4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik

4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik
4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik

Membuat backup WordPress adalah hal penting yang dapat Anda lakukan untuk situs web Anda. Backup memberi Anda ketenangan pikiran dan dapat menyelamatkan Anda dalam situasi bencana ketika situs diretas atau Anda secara tidak sengaja terblokir. Ada beberapa plugin backup gratis dan berbayar untuk WordPress, dan kebanyakan dari mereka cukup mudah digunakan. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda 4 plugin backup gratis terbaik untuk WordPress.

Penting: Banyak penyedia hosting WordPress menawarkan layanan pencadangan (backup) dengan fitur terbatas, tetapi harap diingat bahwa Anda bertanggung jawab untuk membuat cadangan situs web sendiri. Jangan hanya mengandalkan penyedia hosting Anda untuk melakukan backup atas website anda.

Jika Anda belum membuat backup situs Anda, maka Anda harus memilih salah satu dari 4 plugin backup WordPress terbaik dan mulai menggunakannya segera.

1. BackWPUp

Plugin Backup WordPress Gratis BackWPUp
Plugin Backup WordPress BackWPUp

BackWPup adalah plugin gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat backup WordPress lengkap secara gratis dan menyimpannya di cloud (Dropbox, Amazon S3, Rackspace, dll), FTP, email, atau di komputer Anda.

Plugin ini sangat mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk menjadwalkan penbackupan otomatis sesuai dengan frekuensi pembaruan situs Anda.

Mengembalikan (restore) situs WordPress dari backup juga sangat sederhana. Versi Pro BackWPup dilengkapi dengan dukungan prioritas, kemampuan untuk menyimpan backup di Google Drive, dan beberapa fitur keren lainnya.

Baca juga :   Review Beli Domain .Com Murah Rp59.900 dari MWN

2. BackUpWordPress

Plugin Backup WordPress BackUpWordPress
Plugin Backup WordPress BackUpWordPress

BackupWordPress adalah plugin backup WordPress lengkap dengan dukungan penjadwalan otomatis. Ini memungkinkan Anda untuk membuat jadwal berbeda untuk database dan file Anda. Satu-satunya masalah adalah bahwa versi gratis tidak memungkinkan Anda untuk menyimpan backup WordPress Anda ke layanan penyimpanan cloud.

Jika Anda ingin menyimpan backup Anda di Dropbox, Google Drive, FTP, dll, maka Anda perlu membeli ekstensi premium untuk itu. Ekstensi tersedia untuk setiap layanan, dan Anda dapat membeli yang Anda butuhkan atau seluruh paket premium yang tersedia.

3. Duplicator

Plugin Backup WordPress duplicator
Plugin Backup WordPress duplicator

Seperti namanya, Duplicator adalah plugin WordPress populer yang digunakan untuk memigrasikan situs WordPress . Namun plugin ini juga memiliki fitur backup.

Plugin ini tidak memungkinkan Anda untuk membuat backup terjadwal otomatis yang membuatnya kurang fleksibel dibandingkan dengan fitur backup WordPress primer ideal untuk situs yang dipelihara secara teratur.

4. WP-DB-Backup

Plugin Backup WordPress wp-db-backup
Plugin Backup WordPress wp-db-backup

Dengan lebih dari 400.000 pengguna, WP-DB-Backup adalah salah satu plugin backup WordPress yang paling populer. Satu-satunya masalah adalah hanya mem-backup database WordPress Anda .

Ini berarti Anda harus membuat backup file media Anda secara manual. Jika Anda tidak memperbarui situs terlalu sering atau tidak mengunggah gambar, maka Anda dapat menggunakan WP-DB-Backup sebagai plugin backup utama untuk WordPress Anda.

WP-DB-Backup sangat mudah digunakan untuk membuat backup database, menjadwalkan backup otomatis, dan mengembalikan database Anda. Plugin ini juga merupakan alat yang sangat berguna bagi pengguna yang tidak memiliki akses ke phpMyAdmin untuk membuat backup basis data WordPress secara manual .

Baca juga :   Alasan Mengapa Menggunakan CMS Wordpress Untuk Pembuatan Blog

 

Setiap plugin backup WordPress memiliki kekurangan dan kelebihan. Apapun plugin backup WordPress yang Anda pilih, jangan menyimpan backup Anda di server yang sama dengan situs web Anda.

Tindakan ini sama seperti Anda meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang. Jika perangkat keras server Anda gagal atau diretas, maka Anda tidak memiliki akses untuk file backup yang sudah anda buat.

Oleh karena itu kami sangat menyarankan menyimpan backup Anda pada layanan penyimpanan pihak ketiga seperti Dropbox, Amazon S3, Google Drive, dll.

Demikian artikel tentang 4 Plugin Backup WordPress Gratis Terbaik ini. Kami berharap bahwa daftar ini membantu Anda memilih plugin backup WordPress terbaik untuk situs Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan bagikan untuk teman anda sesame blogger di Facebook atau Twitter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.