Optimasi Blog WordPress – Meningkatkan Site Speed (Page Load Time)

Site Speed - Page Load Time

Site Speed

Saat anda mengunjungi sebuah blog dan loadingnya lama pasti anda menjadi tidak sabaran dan menutup halaman website tersebut. Jika anda adalah pemilik blog, tentu saja hal ini merupakan suatu kerugian. Apalagi jika anda menjual produk atau jasa pada blog anda tersebut. Kehilangan pengunjung berarti anda kehilangan potensi pembeli.  Blog WordPress yang bisa diakses lebih cepat tentu saja akan membuat pengunjung blog akan betah berlama Рlama membaca postingan dalam blog atau bahkan berpotensi membeli produk atau jasa yang ada tawarkan.

Mungkin anda juga pernah mendengar bahwa sekarang google sudah menambahkan site speed sebagai faktor dalam ranking alogaritmanya. Berikut ini kutipan dari penyataan google mengenai site speed.

As part of that effort, today we’re including a new signal in our search ranking algorithms: site speed. Site speed reflects how quickly a website responds to web requests.

Sumber : http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2010/04/using-site-speed-in-web-search-ranking.html

Postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana mengoptimalkan performance blog wordpress dengan bantuan plugin dan website analyzer dari GTmetrix.com.

Studi Kasus IndoWP.Net

(Test Server Region: Vancouver, Canada | Using: Firefox 3.6.16, Page Speed 1.10.2, YSlow 2.1.0) – GTmetrix.com.

# Performance IndoWP.Net sebelum dioptimasi:

Site Speed Perfornamce Sebelum Optimasi

Perfornamce Sebelum Optimasi

# Performance IndoWP.Net setelah dioptimasi:

Performance Setelah Optimasi

Performance Setelah Optimasi

Grade di sebelah kiri merupakan grade Google Page Speed sedangkan Grade di sebelah kanan merupakan grade Yahoo YSlow. Pemberian grade ini didasarkan atas pemenuhan atas faktor – faktor yang mempengaruhi cepat tidaknya load sebuah situs. Contoh : CSS, images, image dimensions, browser cache, compression (gzip), dst (selengkapnya bisa dilihat saat dianalisis di GTMetrix).

Setelah dioptimati, grade blog naik dari “C” ke “A”, dengan page load time yang berkurang hingga 50%. Dengan kata lain halaman blog lebih cepat diakses, dari 3,91 detik menjadi 1,81 detik saja. Lumaya cepat kan? :)

Optimasi di atas tidak dikerjakan secara manual tetapi dengan bantuan plugin untuk mempercepat load halaman blog wordpress. Berikut ini plugin yang digunakan:

1. WP Minify

Fungsi utama plugin ini adalah memperkecil ukuran file – file JS and CSS dalam blog wordpress.

2. Improve My Load Times

Fungsi utama plugin ini adalah memperkecil ukuran halaman website. Plugi ini juga berfungsi untuk menghemat quota bandwidth.

3. WP Super Cache

Fungsi utama plugin ini adalah menyajikan halaman blog dalam bentuk html sebegai ganti atas halaman blog dalam bentuk php.

Cukup install plugin tersebut di atas lalu aktifkan melalui menu tiap – tiap plugin di bawah menu setting dalam dashboard blog wordpress.

Demikian tips meningkatkan performa blog wordpress, semoga bermanfaat.

Salam,

Eky Dakka

IndoWP.Net has written 22 articles

IndoWP.Net adalah Jasa Pembuatan Blog dan Toko Online Wordpress yang berdiri sejak 28 April 2011. Website ini ditujukan untuk berbagi pengetahuan seputar Mesin Blog Wordpress.

5 thoughts on “Optimasi Blog WordPress – Meningkatkan Site Speed (Page Load Time)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>