Panduan Cara Install Plugin WordPress

Plugin WordPress adalah sebuah program tambahan berisi script dalama bahasa PHP yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin SEO, plugin web counter, dan sebagainya.

Instalasi Plugin bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui admin area dari blog dan melalui FTP (File Transfer Protocol). Pada postingan kali ini, hanya kan membahas panduan cara Instal Plugin WordPress dari admin area:

1. Login ke Admin area blog wordpress, cari menu Plugins di sidebar sebelah kiri. Lalu Klik “Add New”. Atau melalui link berikut: http://namadomain.com/wp-admin/plugin-install.php

install plugin wordpress 1
Gambar 1 – Plugins Menu

 

2. Halaman instalasi plugin akan ditampilkan sebagai berikut:

 

install plugin wordpress 2
Gambar 2 – Halaman install plugin wordpress

 

3. Untuk install plugin yang tersedia di plugin direktori wordpress (http://wordpress.org/extend/plugins/), ketikkan kata kunci atau nama plugin yang akan diinstall. Pada postingan ini, plugin All in One SEO Pack yang akan dijadikan contoh.

Hasil pencarian plugin ditampilkan seperti gambar di bawah. Untuk menginstall, klik “Install Now”.

 

Halaman hasil pencarian Plugin
Gambar 3 -Halaman hasil pencarian Plugin

 

4. Untuk mengaktifkan plugin, klik “Activate Plugin”.

install plugin wordpress
install plugin wordpress

 

Terkadang Plugin yang diinstall memiliki konfigurasi khusus yang walaupun sudah diaktifkan belum bisa digunakan dan biasanya harus di-enable terlebih dahulu. Jika plugin yang memilliki konfigurasi khusus (contoh plugin : all in one seo pack, Sexy bookmark, etc..) diinstall dan diaktifkan, akan muncul peringatan untuk konfigurasi seperti gambar di bawah ini:

 

Konfigurasi Plugin
Konfigurasi Plugin

 

# Cara di atas adalah cara install plugin yang ada pada server. Untuk menginstall plugin dari komputer, klik “Upload” (Lihat langkah ke-2 / Gambar – 2).

install plugin wordpress dari komputer

 

Klik “Browse” lalu pilih file plugin yang akan diinstall.  Contoh :

 

Install Plugin
Install Plugin

Klik “Open” lalu klik “Install Now”. Untuk mengaktifkan klik “Activate Plugin” (lihat langkah no. 4 / gambar – 4).

Demikian Panduan Cara Install Plugin WordPress

Salam,

Eky Dakka

18 thoughts on “Panduan Cara Install Plugin WordPress

  1. Thx infonya Gan…

    Saya baru menggunakan WP…

    Klo memunculkan Plugin yg sudah di-instal tapi belum ada, contoh plugin feedjit gimana Bos???

    Thx

  2. Hi! I think your blog is very interesting. I’ve also a website dedicated to promote education and culture. I wish that you will visit my site and see how we can work together to create a global education network.

  3. Ping-balik: Optimasi Blog Wordpress - Meningkatkan Site Speed (Page Load Time) | IndoWP.net
  4. ketika saya install plugin ( statpress) maupun plugin stats lainnya selalu berhasil, namun kenapa ya tidak muncul di dashboard wordpress, saya menggunakan shared hosting premium

    1. Secara default, settingkan plugin akan ditampilkan pada bagian “setting” di sidebar menu dalam dashboard wordpress, tetapi ada beberapa plugin yang settingannya berada di bagian “tools”, “dashboard” atau bahkan terbentuk menu di sidebar setelah plugin diaktifkan. Biasanya settingan “stat” berapa pada menu “dashboard” di sidebar paling atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *