SEO (Search Engine Optimization) alias Optimisasi Mesin Pencari

SEO (Search Engine Optimization) alias Optimisasi Mesin Pencari adalah suatu teknik atau proses yang digunakan dalam rangka meningkatkan posisi dalam halaman hasil pencarian pada search engine yang bertujuan untuk meningkatkan pengunjung website / blog. Dengan mempraktekkan SEO, apabilan seseorang mengetikkan kata kunci (mis: jasa pembuatan blog wordpress, jasa pembuatan toko online) pada kotak pencarian, maka website kita bisa muncul pada posisi pertama dalam halaman hasil pencarian.

Untuk mencapai posisi pertama pada halaman pencarian search engine bukanlah perkara yang mudah, ada banyak hal yang harus diperhitungankan. Berikut ini adalah berberapa tips yang menjadi prioritas dalam SEO:

1. Konten (Artikel)

Memiliki konten yang unik atau berbeda dengan website lain adalah penting. Search Engine akan memberikan prioritas kepada website yang kontennya unik.

2. Kontent sering diupdate

Website yang sering diupdate lebih menarik bagi search engine. Seperti halnya manusia, search engine juga butuh hal – hal yang baru (update).

3. Kata Kunci (KeyWord)

Kata kunci yang ditarget sebaiknya kata kunci yang tidak kurang dari 2 kata. Contoh: jika website bertema Kesehatan, adalah lebih baik menarget kata kunci “menjaga kesehatan” atau “tips sehat”. Pemilihan kata kunci ini harus didukung oleh konten (artikel) website. Jika kata kunci yang menjadi target adalah “tips sehat”, maka website juga harus memuat artikel¬† yang memuat kata kunci “tips sehat”. Jumlah penggunaan kata kunci dalam artikel juga jangan sampai berlebihan. Proporsi yang disarankan adalah3 % – 5% dari jumlah kata dalam artikel. Misalnya artikel memuat 100 kata, maka cukup gunakan sebanyak 3 – 8 kali saja . (Baca : Panduan Keyword Research dengan Keyword Tool External).

4. Tautan dari Website Lain (Backlink)

Backlink adalah tautan link dari website lain ke website kita. Backlink ini berguna untuk meningkatkan page rank. Website yang memiliki pagerank tinggi akan dinilai sebagai website yang berkualitas oleh search engine. Backlink yang efektif sebaiknya menggunakan keyword sebagai anchor text. Contoh: jika anda website bertema “kesehatan”, target keyword “tips sehat” dan domainnya adalah “namadomain.com”, maka “tips sehat” sebagai anchor text, bukan namadomain.com. (Kalau belum tahu anchor text, liat tulisan “page rank” di atas, anchor textnya adalah “page rank” dan link-nya adalah wikipedia.com).

5. Penggunaan Meta Tag

    • Tag Title:¬† <title>NamaDomain.Com | kata kunci 1 | kata kunci 2 </titile>
      (Usahakan Maksimal 60 karakter, sebagian besar search engine menggunakan 60 karakter untuk title)
    • Tag Deskripsi:
      <meta name=”description” content=”NamaDomain.Com | bagian ini mendeskripikan tentang isi website, usahakan ada kata kunci di sini ” />
    • Tag Keywords:
      <meta name=”keywords” content=”kata kunci1, kata kunci 2, kata kunci n”/>

(Bagian ini diajurkan menggunakan kata yang sama maksimal 4 kali saja)

Demikian tips singkat tentang Optimisasi Mesin Pencari ini, semoga bermanfaat.

Salam,

Eky Dakka

IndoWP.Net

IndoWP.Net has written 22 articles

IndoWP.Net adalah Jasa Pembuatan Blog dan Toko Online Wordpress yang berdiri sejak 28 April 2011. Website ini ditujukan untuk berbagi pengetahuan seputar Mesin Blog Wordpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>