Keunggulan dan Kekurangan WordPress

Keunggulan dan Kekurangan WordPress
Keunggulan dan Kekurangan WordPress

 

Pada awal tahun 2003, WordPress hanyalah sebuah platform blogging namun saat ini sudah menjadi aplikasi pengelola konten (CMS) terbesar dan digunakan secara global. Platform WordPress digunakan lebih dari 34% situs web di internet hingga September 2019. WordPress telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin dalam industri ini. Ketika sampai pada pilihan untuk menggunakan platform mana yang cocok untuk membangun situs web Anda, kami kemungkinan besar akan merekomendasikan WordPress. Berikut ini keunggulan dan kekurangan platform WordPress, untuk membantu Anda menentukan apakah Anda harus bergabung dengan mereka yang sudah menggunakan WordPress.

Keunggulan Menggunakan WordPress

1. CMS yang Mudah Digunakan:

WordPress adalah sistem manajemen konten yang kuat karena asalnya dalam blogging. Sangat mudah bagi admin untuk menavigasi melalui situs WordPress, mengedit halaman dan mengunggah konten baru. WordPress membuatnya mudah untuk mengatur konten tanpa banyak pengetahuan manajemen situs web. Menerbitkan konten semudah menggunakan Microsoft Word.

2. Plugin:

Ada lebih dari 54.000 plugin yang tersedia dan sebagian besar plugin. Plugin memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan meningkatkan situs WordPress apa pun sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda perlu melakukan perubahan spesifik pada fungsi di situs Anda, kemungkinan ada plugin untuk melakukan hal itu.

3. SEO (Optimasi Mesin Pencari):

Untuk mendatangkan pengguna internet ke website, kita sangat membutuhkan SEO. WordPress mempunyai fungsi dan fitur yang sangat mendukung SEO yang baik. Ada banyak plugin SEO yang tersedia untuk membantu mengoptimalkan konten, meta tag, fokus kata kunci, dan banyak lagi! Contoh plugin SEO yang paling populer adalah Yoast SEO dan All in One SEO Pack. Memiliki akses ke plugin gratis, seperti Yoast, berarti setiap situs WordPress sudah siap untuk SEO. Tidak ada platform yang lebih baik daripada WordPress dalam hal optimasi SEO.

Baca juga :   Bagaimana Mengakses Admin Area / Dashboard Pada Blog Wordpress

4. Responsif:

WordPress memiliki ribuan tema yang tersedia. Secara umum, tema-tema ini sangat andal dalam hal responsif. Dengan semakin banyaknya penjelajahan internet yang dilakukan pada perangkat seluler, memiliki situs ramah seluler dengan konsistensi di semua perangkat sangat penting bagi UX; WordPress melakukan pekerjaan yang baik dengan ini. Dapatkan beberapa panduan dalam memilih tema Anda dengan ” Cara memilih tema WordPress terbaik untuk kebutuhan Anda .”

5. Open Source:

WordPress adalah perangkat lunak open source dan siapa saja dapat menggunakan, mempelajari, mengubah, dan mendistribusikan kembali kode sumbernya. Banyak tema dan plugin gratis di bawah lisensi GPLv2 dan menjadi perangkat lunak open source, pemrogram WordPress dapat secara terbuka berbagi kode secara online. Berbagi kode dapat menghasilkan kemampuan untuk menghemat banyak waktu dan biaya pengembangan dengan menggunakan kode yang ada.

 

Menggunakan platform open source juga berharga ketika Anda bekerja dengan mitra atau agen pihak ke-3 untuk mengembangkan situs web WordPress Anda. Anda tidak akan terjebak bekerja dengan perangkat lunak berpemilik yang hanya dapat dikerjakan oleh sekelompok kecil pengembang. Ada sejumlah pengembang WordPress yang berbeda di luar sana yang memiliki kemampuan untuk mendukung situs web Anda jika Anda perlu berganti mitra.

Kekurangan Menggunakan WordPress

1. Pembaruan:

Menginstal pembaruan penting untuk kesehatan situs WordPress Anda, tetapi dapat mengganggu jika tidak dilakukan dengan serius. Tema Premium WordPress sering diperbarui dan ditingkatkan. Pembaruan ini penting untuk menjaga keamanan yang tepat di situs web WordPress. Pembaruan dapat membawa beberapa masalah kecil ke situs web dalam hal ini Anda mungkin harus kembali ke keadaan WordPress yang lebih lama.

Untuk mencegah hal ini, akan lebih baik jika Anda memeriksa pembaruan sebelum mengimplementasikannya di situs klien dan mengawasi setiap situs setelah menginstal pembaruan. Ini adalah bagian dari alasannya, jika Anda tidak memiliki tim pengembang atau IT, mungkin yang terbaik adalah memiliki host profesional dan mendukung situs WordPress Anda.

Baca juga :   Alasan Mengapa Menggunakan CMS Wordpress Untuk Pembuatan Blog

2. Kerentanan:

Sebagai platform open-source, WordPress menarik bagi peretas potensial. Untuk mengurangi risiko ini, sekali lagi, selalu baik untuk memiliki pengetahuan dalam memilih plugin dan tema untuk situs WordPress Anda; selalu menilai kualitas plugin WordPress dan menginstalnya dengan hati-hati.

3. Kecepatan:

Tema tertentu mengandung banyak kode generik yang tidak perlu. Ini dapat mengurangi kecepatan situs dan menyebabkan waktu muat yang lambat. Tanpa pengalaman WordPress sebelumnya, akan sulit untuk memahami kode apa yang Anda butuhkan dan kode apa yang dapat Anda lakukan tanpa.

4. Kustomisasi:

Kita semua ragu untuk berinvestasi dalam penyesuaian, karena bisa mahal. WordPress adalah alat yang sangat fleksibel tidak seperti banyak alat pembuat web lainnya. Namun, jika Anda bukan ahli WordPress dan Anda tidak memiliki seorang pun yang mengembangkan situs Anda, maka ini bisa menjadi masalah. Seperti disebutkan di atas, memperbarui inti WordPress dapat menyebabkan beberapa masalah di situs Anda. Pembaruan ini dapat memecah beberapa fungsi dan jika Anda tidak memiliki praktik terbaik saat merancang situs, ini dapat menjadi masalah.

Dengan semua faktor ini untuk dipertimbangkan, kami akan selalu menyarankan Anda setidaknya berkonsultasi dengan ahli WordPress ketika membangun situs web WordPress. Kekurangan yang tercantum di atas dapat dihilangkan dengan orang yang tepat dan / atau agensi yang mengelola situs web Anda. Pertimbangkan untuk membaca posting blog kami tentang memilih agen web untuk membantu Anda meluncurkan situs web yang paling ramah pengguna dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.